Skip to main content

PENERAPAN SISTEM INFORMASI BIDANG KESEHATAN





Nama   : I Made Wira Darma
Nim      : 18101234
Kelas    : E



Dalam artikel kali ini, yang akan dibahas berupa :

1.    Tujuan dari penerapan Sistem Informasi
2.    Bentuk Data yang diolah
3.    Bagaimana proses pengolahannya
4.    Informasi apa saja yang dihasilkan
5.    Apa manfaat dari Indormasi yang dihasilkan
6.    Pengetahuan apa yang di dapat dari Sistem Informasi



1. Tujuan Dari Penerepan Sistem Informasi

Pemanfaat sistem informasi pada bidang kesehatan misalnya sistem informasi yang ada di rumah sakit atau puskesmas. Sistem Informasi tersebut digunakan  untuk mengelola dan memanajemen data dokter, data perawat, data pasien, data obat, data penyakit. Sehingga dalam penggunaannya sistem informasi tersebut lebih memudahkan dalam pengelolaannya di banding dengan pengelolaan informasi yang dilakukan seara manual, misalnya menggunakan arsip pembukuan yang tentu saja akan jauh lebih efisien dari segi perekaman data, pengolahan data, penyimpanan data, pencarian data dan sebagainya jika menggunakan teknologi.          

2. Bentuk Data Yang Diolah

Dewasa ini rekam medis merupakan salah satu topik yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat seakan membuka mata masyarakat khususnya pasien rumah sakit bahwa rekam medis merupakan hak pasien untuk mengetahui status kesehatan atau penyakitnya. Rekam medis menyimpan sejarah lengkap kesehatan seorang pasien, diagnosa yang akurat sangat bergantung pada informasi historis rekam medis pasien. Idealnya, setiap orang mempunyai historis rekam medis longitudinal, yang menyimpan catatan kesehatan sejak lahir. Rekam medis ini menyimpan informasi kesehatan, baik penyakit yang pernah diderita maupun catatan kondisi kesehatan, sejak kelahiran seorang pasien. Informasi medis ini akan sangat membantu seorang dokter mengetahui status atau kondisi kesehatan seorang pasien. Di Indonesia, rekam medis longitudinal masih menjadi tanggung jawab pasien, karena Indonesia belum memiliki regulasi tentang standar untuk pengelolaan dan penyimpanan rekam medis. Hal ini tentu saja menyulitkan pasien untuk memiliki historis rekam medis yang lengkap.

3. Proses Pengelohan Data

Kehadiran dan kemajuan teknologi komputer dan teknologi informasi saat ini telah membawa manfaat yang luar biasa dalam menghadirkan informasi dan memberikan sarana komunikasi yang efektif dan efisien. maka pengembangan e-health merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat



Alur Rekam Medik



4. Informasi Yang Dihasilkan

Rekam medis menyimpan sejarah lengkap kesehatan seorang pasien, diagnosa yang akurat sangat bergantung pada informasi historis rekam medis pasien. Idealnya, setiap orang mempunyai historis rekam medis longitudinal, yang menyimpan catatan kesehatan sejak lahir. Rekam medis ini menyimpan informasi kesehatan, baik penyakit yang pernah diderita maupun catatan kondisi kesehatan, sejak kelahiran seorang pasien. Informasi medis ini akan sangat membantu seorang dokter mengetahui status atau kondisi kesehatan seorang pasien. Di Indonesia, rekam medis longitudinal masih menjadi tanggung jawab pasien, karena Indonesia belum memiliki regulasi tentang standar untuk pengelolaan dan penyimpanan rekam medis. Hal ini tentu saja menyulitkan pasien untuk memiliki historis rekam medis yang lengkap.
Penerapan suatu Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) merupakan solusi penerapan Teknologi Informasi bidang kesehatan, Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) merupakan suatu tatanan yang terkait dengan pengumpulan data, pengelolaan data, penyajian informasi, analisis dan penyimpulan informasi serta penyampaian informasi yang dibutuhkan untuk kegiatan rumah sakit.

5. Manfaat Informasi Yang Dihasilkan

a)            Dapat memantau perkembangan Rumah Sakit secara akurat
b)            Dapat meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan kepada masyarakat secara akurat.
c)            Rumah Sakit tersebut dapat terpantau secara langsung oleh lembaga-lembaga dari luar atau dalam Negeri secara akurat,sehingga mempermudah akses bagi lembaga tersebut jika akan memberikan informasi serta mempermudah akses jika ingin memberikan dana.
d)            Dapat menyimpan data base Rumah Sakit mulai dari Pasien, Karyawan yang terdiri dari Data Rumah Sakit, data administrasi,data Aset Rumah Sakit dan lain-lain

6. Pengetehuan Yang Didapat

Dari uraian di atas menunjukkan bahwa :
• Sistim Informasi dapat meningkatkan kualitas pelayanan.
• Sistim Informasi dapat menjaga standar praktek medis yang baik dan benar.
• Sistim Informasi dapat menjadi alat koordinasi yang sangat efektif.
• Sistim Informasi dapat menjadi fungsi kontrol yang konsisten.
• Sistim Informasi dapat meningkatkan pendapatan

Comments

Post a Comment